TIPS UNTUK MELAWAN STRESS AKIBAT STAY AT HOME KARENA PANDEMIK COVID-19?

STRESS AKIBAT STAY AT HOME KARENA PANDEMIK COVID-19? INI TIPS NYA!

Untuk sebagian gentleman, stay at home ketika pandemik Covid-19 merupakan sebuah kondisi yang menantang. Terutama untuk kita yang ‘terkurung’ di ruangan kecil sepanjang hari. Sudah banyak kasus bahwa kondisi ini bisa membuat kita stress, kurang tidur dan memiliki mental yang buruk.

Pada artikel ini, admin ingin berbagi tips untuk para gentleman yang harus menyesuaikan diri dengan rutinitas baru ini dan membuatnya terasa senormal mungkin agara kita bisa melalui ini semua dengan baik.

1. JAGA JADWAL KERJA ANDA

Apakah jadwal kerja dan tidur anda sudah mulai terganggu? Segera perbaiki kembali agar teratur. Anda harus bisa menahan godaan dan segera batasi dengan jelas jadwal kerja dan jadwal di rumah demi kesehatan mental Anda. Segera berpegang pada jam kerja normal Anda dan gunakan sisa waktu untuk berolahraga.

2. BUATLAH PERUBAHAN PADA TEMPAT TINGGAL ANDA

Hindari memakai piyama atau baju tidur sepanjang hari. Cobalah berpakaian seperti yang Anda lakukan untuk bekerja agar Anda bisa menciptakan semacam pemisahan antara pekerjaan dan rumah. Jangan terlalu banyak menatap tempat tidur terutama untuk Anda yang tinggal di dalam kost atau apartemen yang ruangannya terbatas.

3. MENIKMATI MUSIK YANG SANTAI/RILEKS

Sebagian orang mungkin menikmati keheningan dan ketenangan ketika bekerja di rumah, tetapi untuk yang lain, keheningan bisa membuat mereka menjadi cemas. Anda bisa menyalakan musik instrumental ringan atau play list seperti sedang berada di dalam sebua cafe. Semua ini dapat anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan aplikasi YouTube atau Spotify.

4. KURANGI PAPARAN LAYAR BIRU MONITOR

Menghindari layar biru smartphone sebelum tidur adalah hal yang sangat dianjurkan agar kita bisa lebih cepat menikmati istirahat yang berkualitas. Semakin lama Anda terpapar maka semakin besar kemungkinan Anda akan kurang tidur dan tidak bisa rileks.

5. TINGKATKAN ASUPAN VITAMIN D ANDA

Biasakan menikmati sentuhan sinar matahari pagi sekitar 10-15 menit saja agar asupan Vitamin D Anda tercukupi. Selain bisa meningkatkan imunitas, vitamin ini bisa membantu Anda memiliki kesehatan mental yang baik.

6. COBALAH MENGGUNAKAN SELIMUT YANG BERAT KETIKA TIDUR

Ada sebuah teori, yang baru saja mulai didukung oleh penelitian, bahwa tidur di bawah selimut tebal dapat mengurangi stres dan kecemasan. Ini bisa Anda coba bila merasa gelisah dan cemas di tempat tidur.

7. ALOKASIKAN WAKTU UNTUK MENGHUBUNGI ORANG YANG ANDA CINTAI

Gunakan aplikasi smartphone Anda untuk melakukan telepon atau video call dengan orang – orang yang Anda cintai atau sahabat. Nikmati quality time bersama mereka agar Anda bisa selalu merasa semangat dan optimis ketika melalui hari demi hari.

8. BEROLAH RAGA

Olahraga dapat membantu menenangkan kecemasan dan mengurangi stres, serta menjaga kesehatan. Anda bisa melakukannya di dalam tempat tinggal Anda, atau di luar. Biasakan minimal tiga kali dalam seminggu.

9. SELALU BERPIKIR POSITIF

Bacalah berita – berita yang optimis, bagikan dan diskusikan dengan sahabat atau keluarga terdekat Anda. Selalu yakin bahwa wabah ini cepat berlalu dan semuanya akan kembali seperti sedia kala.

Kurang lebih itulah hal – hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi strees ketika #stayathome, #workfromhome atau PSBB. Semoga Anda tetap sehat dan semangat dalam menjalani hari – hari dalam kondisi pandemik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Subtotal
Rp0
Continue Shopping
0